Benefit of ISO 9000 Implementing

ISO 9001 versi 2000 atau biasanya disebut ISO 9001:2000 (versi terbaru pada saat artilkel ditulis) adalah kumpulan praktek terbaik yang harusnya diimplementasikan pasa suatu organisasi. Misalkan saja : sasaran mutu. Dengan adanya sasaran mutu, organisasi/perusahaan dapat mengukur kemajuan yang telah dicapai. Juga dapat dipakai untuk mengukur kinerja karyawan.

Benefit of ISO 9000 implementing :

  1. Operation of Standarize, Perusahaan akan memiliki suatu prosedur kerja yang jelas yang menjelaskan secara jelas alur kerja dan kebijakan yang berlaku.
  2. Ketergantungan pada sistem dan bukan pada Orang, dari sistem dokumentasi yang rapi pada implementasi ISO 9000, Perusahaan bisa mengurangi ketergantungan dengan karyawan. Karena dengan adanya sistem yang mempunyai standarisasi seperti ISO 9000, apabila ada karyawan yang pindah/resign perusahaan tidak akan kebingungan karena selama ini yang menjadi acuan adalah sistemnya, bukan orangnya.
  3. Controling, karena ISO 9000 mengharuskan adanya audit internal terhadap sistem mutu yang telah dikembangkan, manajemen akan mendapatkan laporan berkala mengenai konsistensi implementasi di lapangan. Manajemen akan tahu bagian mana yang sudah bagus dan belum
  4. efisien, dari sistem yang diaudit akan adanya tindakan-tindakan koreksi untuk hal-hal yang tidak efisien.
  5. Marketing tool, beberapa perusahaan mensyaratkan suplier untuk implementasi ISO, karna perusahaan yang mensyaratkan itu pasti sudah ISO dan mereka sudah tau bagaimana kinerja dari implementasinya. Dan pelanggan pada umumnya akan lebih yakin pada produk yang perusahanya sudah memakai sistem ISO 9000.

0 Comments: